Searching...

Major Label bukan jalan satu-satunya

 


Apa yang menjadikan anda ingin untuk masuk major label? Uang,terkenal? Apakah itu yang anda cari? Lalu jika seandainya band anda tidak masuk dalam major label, apa yang anda lakukan?Mencoba dan menunggu keajaiban datang untuk masuk label hingga anda tua? Itu hanya sia-sia bukan.Itu adalah salah satu little think yang mungkin tidak pernah terpikir oleh anda. Yah mungkin seandainya anda diterima major label, lalu apa yang anda lakukan jika label anda selalu memprioritaskan band lain ketimbang band anda? Itu juga perlu dipikirkan bung.
 Banyak sekali orang beranggapan bahwa major label itu adalah istana. Mungkin anda berpikir jika suatu musisi bisa tembus ke salah satu major label, masa depan band anda sudah pasti cerah. Namun coba lihat lagi baik-baik.  Tidak semua band yang masuk major label itu sukses dan berlanjut. Pada akhirnya nasib musisi tersebut berada di tangan major label itu sendiri. Major label lah yang biasanya mengangkat artis, lalu menjatuhkannya. Itu mungkin terdengar sangat kejam. Tapi itu adalah hal biasa di dunia industri musik. Mereka memiliki prinsip untuk mendapatkan untung sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan masa depan band itu sendiri. Terkecuali band-band yang memang sudah menjadi kebutuhan mereka, band yang dinilai memberikan kontribusi yang besar dan faktanya pun memang benar ada. Tapi untuk menjadi seperti itu bukanlah mudah. Dan bukan suatu kebetulan juga. Anda harus ingat satu hal, orang-orang yang sukses itu adalah bukan orang yang hanya kebetulan mendapatkan kesempatan untuk sukses. Proses kreatif mereka lah yang menjadikan mereka itu sukses. Bukan hanya suatu hal yang mudah dan instan. It’s little think, right? Tp apakah pernah terpikirkan oleh anda sejauh itu? Jika pola piker anda hanya seperti itu, akan sulit untuk bisa meraih kesuksesan, bukan hanya di dunia music tentunya.
Lalu bagaimana kita bisa terkenal dan menghasilkan uang jika kita tidak masuk ke major label? Jawabannya adalah Indie Label. Banyak sekali band-band yang telah merintis karir mereka di indie label. Dan banyak juga musisi-musisi indie label yang lebih terkenal dan berprestasi di banding musisi major label. Kemungkinan mereka untuk go international pun sangat besar. Nah kunci utama disini adalah kreatifitas masing-masing band dibutuhkan untuk membuat band tersebut menjadi professional namun dengan cara yang mandiri. Management, strategi promo dan pemasa ran yang bagus adalah kunci utamanya.  Itu semua terdengar sulit? Tidak juga, kita bisa belajar dari band-band yang sukses berkarir di jalur ini. Dan hal-hal itu bisa koita terapkan banhkan kita kembangkan. Cukup simple bukan? Suatu pemikiran yang sepele tapi dapat mebah sesuatu menjadi luar biasa. Sangat jelas bukan perbedaan antara musisi yang menunggu dan mencoba untuk masuk major label dengan musisi yang memutuskan berkarir di indie label. Jika masuk major label, kita terkesan meminta-minta dan menggangtungkan nasib kita pada major label itu sendiri. Tapi lain halnya jika kita memilih berkarir di indie label, kita sendiri yang menentukan nasib band kita untuk menjadi seperti apa.

0 comments:

Terbaru

 
Back to top!