Searching...

Memperbaiki Sinyal Wifi Dirumah

http://3.bp.blogspot.com/_kSSo8LZ9fOU/ShjV5A34nsI/AAAAAAAAA9k/Lg04nkeAFcw/s400/wifi+hack.jpgJika anda telah berlangganan internet dengan koneksi WiFi namun sinyalnya tidak bagus maka langkah praktis dapat dipakai Access Point yang difungsikan sebagai AP, Repeater, Client, atau Bridge.
Untuk memperkuat sinyal WiFi anda yang paling sesuai adalah difungsikannya AP dengan mode Client, akan tetapi jika Anda menginginkan seluruh ruangan Anda dapat menerima sinyal WiFi yang jauh lebih baik maka pilihan terbaik adalah mengkonfigurasi AP sebagai Repeater.
Pada kesempatan ini kita akan mencoba memfungsikan AP sebagai repeater dimana sebelumnya harus memenuhi syarat – syarat standar dari peralatan maupun koneksi yang ada, yaitu ;
1.Komputer anda telah terpasang peralatan / fasilitas wifi, baik berbentuk USB WiFi, PCI WiFi maupun model lainnya, dan yang penting Anda telah mempunyai nomor verifikasi akses internet yang ditunjukan dengan IP yang dapat kita lihat pada “Network Connection.”

2.Pilih dan klik kanan pada “Wireless Network Connection” kemudian properties kemudian geser scroll pada tab this connection uses the following items hingga menemukan Internet Protocol ( TCP/IP ) dan klik properties.
3.Catatlah nomor –nomor yang ada dalam Internet Protokol tersebut, nomor inilah sebagai nomor ID kita yang telah diberikan oleh ISP WiFi yang kita ikuti, oh ya..tentu saja nomor anda akan berbeda dengan yang saya punya, oleh sebab itu catatlah nomor anda sendiri.
4.Setelah anda catat mulai dari nomor seri IP address, Subnet mask, Default gateway, Preferred DNS server dan Alternate DNS server kemudian hapuslah semuanya diganti dengan nomor IP default AP, misalnya anda menggunakan Access Point dari TP Link seri TL-WA601G dibawah alat tersebut tertera nomor MAC, Password Default, User Name dan IP maka catatlah semuanya.
5.Nah, IP yang dimiliki oleh Access Point tersebut adalah 192.168.1.254 dan User Name maupun password tertera Admin, sekarang tugas selanjutnya adalah mengisikan IP address computer kita ( yang telah kita hapus tadi ) dengan nomor IP dari Access Point kita misalnya 192.168.1.1, mengapa pada kelompok nomor belakang berbeda? Untuk hal ini memang harus berbeda, dan hanya pada kelompok nomor belakangnya saja, nah misalnya kita kasih aja nomor “ 1 “.
6.Setelah diisikan, maka klik OK dan Ok untuk keluar dari konfigurasi ini.
Satu langkah setting pada Wifi pada computer kita telah selesai, selanjutnya tancapkan adaptor Access Point yang kita punya pada jala-jala listrik sehingga Access Point akan menunjukan aktifitasnya dengan ditandai menyalanya lampu hijau pada system maupun access, nah jangan lupa letakan pada posisi yang strategis, coba cari letak terbaik untuk memperkuat sinyal.
Kemudian computer kita akan dihubungkan dengan Access Point yang mungkin anda letakan diluar ruangan dengan langkah-langkah sebagai berikut ;
1.Bukalah Mozilla Thunderbird kesayangan anda atau mungkin kita juga dapat pakai dengan Internet Explorer, Opera dan lain sebagainya.
2.Masukan IP dari Default Access Point yang telah anda catat tadi yaitu 192.168.1.254 dan enter untuk memulai browsing menuju alamat AP.
3.Isikan User name dan password default Access Point dengan “ Admin “
4.Jika sukses maka akan muncul produk anda dan siap untuk dikonfigurasi sebagai repeater.
5.Pilihlah menu “Wireless” dan klik point pada “ Repeater “ atau “ Universal Repeater “, disini kita coba pilih “ Universal Repeater “
6.Langkah berikutnya adalah mengisi MAC of AP, dalam hal ini kita tak akan tau berapa nomor MAC dari AP yang telah memancar. Maka satu kata kunci yang harus tau adalah nama dari Network ISP yang telah kita ikuti, dalam contoh kali ini nama ISP yang diberikan pada saya adalah “ Kupu Kupu Malam “ maka saya harus mencari kata – kata tersebut dengan cara melakukan “ Survey “.
7. Setelah dilakukan Survey ternyata telah ditemukan salah satu pemancar WiFi yang dikehendaki yang bernama “ Kupu Kupu Malam “ dan tanpa ragu-ragu lagi klik saja “ Connect “ namun sebelumnya anda bias mencatat nomor seri BSSID nya untuk mengecek MAC pada pilihan Universal Repeater diatas, dan setelah melakukan koneksi, nomor seri MAC pemancar akan tercatat secara otomatis pada isian MAC of AP, dan coba cocokan dengan BSSID yang telah anda catat tadi. Perlu juga dilihat catatan konfigurasi yang telah terjadi.
Setelah terkonfigurasi demikian maka selanjutnya AP akan melakukan Reboot, disini kita akan menunggu sejenak dan keluarlah dari aplikasi setingan AP anda.
8.Konfigurasi AP telah selesai, maka kita kembali pada langkah pertama diatas, yaitu membuka Network untuk mensetting IP semula.
9.Setelah anda isi kembali konfigurasi semula maka keluarlah dari aplikasi setting IP computer dan lihatlah perubahan sinyal yang ada pada indicator

0 comments:

Terbaru

 
Back to top!