Searching...

Tips mengambil uang di atm.

   Fenomena pembobolan uang di ATM kini menjadi hal yang ramai diperbincangkan. Meski sebuah bank ternama sekalipun masih bisa dibobol oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dan tidak menjamin semua bank ternama bisa mengamankan uang nasabahnya dengan baik, karena semua akan kemabali lagi kepada kita sebagai pemiliknya. Berikut beberapa tips aman mengambil uang di atm yang saya kutip dari rekan-rekan lainnya:
http://image.tempointeraktif.com/?id=19364
  1. Lihat dulu disekeliling anda, ketika hendak melakukan transaksi.

  2. Lihat sekeliling anda apakah ada CCTV. Jika ada pastikan itu adalah CCTV resmi dari pihak bank terkait. Terkadang ada CCTV yang dipasang oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.
  3. Lihat juga tempat ketika anda akan memasukkan kartu ATM anda. Coba senggol sedikit, apakah ada gerakan yang mencurigkan atau terjadi sedikit pergeseran?
  4. Pada saat melakukan transaksi hendaknya ketika menekan nomor PIN salah satu tangan menutup tangan yang akan menekan tombol tersebut.
  5. Setelah melakukan transaksi di ATM jangan langsung meninggalkan tempat untuk beberapa menit (5 menit). Karena akan ada beberapa orang yang menggunakannya yang akan merubah PIN yang semula dimasukkan oleh ATM kita.
  6. Jika sudah merasa nyaman dan aman serta tidak mencurigakan, silakan tinggalkan tempat trasnsaksi ATM tersebut.
  7. Jangan sendiri ke ATM, kalau bisa sertakan keluarga untuk berjaga-jaga anda jika anda yang mencurigakan.
  8. Untuk saat ini mungkin akan lebih baik jika akan menarik uang yang cukup banyak, jangan di ATM. Akan lebih baik jika langsung ke BANK yang bersangkutan.
  9. Setiap setelah transaksi, ganti pin dengan karakter yang cukup banyak dan mudah di hafal.
  10. Ketika selesai bertransaksi lewat ATM, tidak ada salahnya anda masukan kembali kartu ATM ke dalam mesin dan isilah PIN dengan nomor yang salah untuk mengecoh pembobol.
  11. Cari ATM yang tidak berada di tempat yang sepi.
Dikutip dari yahoo.


0 comments:

Terbaru

 
Back to top!