Searching...

Candi Borobudur

http://thamoy.files.wordpress.com/2009/06/borobudur_final.jpg   Candi Borobudur merupakan candi budha yang terletak di daerah yang dikenal denagan nama KEdu selatan. Tepatnya di Kecamatan Borobudur, Daerah tingkat II Kabupaten Magelang, jawa tengah. Bangunan candi borobudur dibangun di atas bukit kecil yang diratakan. Dikelilingi bukit dan gunung-gunung besar.yaitu merapi dan merbabu di sebelah selatan dan  gunung sumbing  di sebelah barat.
   Nama Borobudur itupun diambil dari Vihara dan budur. Vihara menjadi-biara-berubah lagi menjadi - bara. Sedang budur adalah nama
tempat yang tinggi. jadi borobudur adalah biara di tempat tinggi atau bukit. Namun masih banyak lagi dari kata borobudur itu sendiri dikarenakan banyak ahli memiliki penafsiran yang berbeda tentang arti kata borobudur itu sendiri. Sampai sekarang kita tidak mengetahui sejak kapan borobudur didirikan karena tidak diketemukannya peninggalan seperti batu tulis atau prasasti yang menunjukan kapan didirikannya candi borobudur itu sendiri.  Perkiraan didirikannya borobudur yang kita ketahui sekarang dari buku-buku pelajaran di sekolah hanyalah perkiraan dari yang dilandasi dari beberapa petunjuk dari keberadaan Borobudur. yakni corak bangunan candi dan ukiran-ukirannya, menunjukan corak jawa tengah abad 8 masehi. Juga tulisan yang terdapat pada relief di sudut tenggara candi Borobudur yang tergolong tulisan Jawa kuno, peralihan dari tulisan huruf pallawa india. (Tulisan jawa kuno berkembang pada abad ke-7 dengan abad ke-9)
   Borobudur adalah lambang suci agama buddha. Selain itu juga menjadi lambang kebesaran dan kejayaan raja yang membangunnya.
Fungsi Borobudur klik disini.

0 comments:

Terbaru

 
Back to top!