Searching...

Sule

Sule
Biografi :

PERSONAL

Sule, seorang pelawak tenar Indonesia, bernama asli Entis Sutisna. Sule lahir di Banding, Jawa Barat pada 15 November 1976.

Sule sudah sering naik panggung sejak dirinya duduk di kelas 3 SD. Panggung tujuh belas Agustusan-lah yang digunakan Sule untuk unjuk gigi. Pada saat-saat itu, Sule sering tampil dengan berjoget diiringi lagu Jaipong.

Karena kegemarannya menari, Sule didaftarkan orang tuanya ke sanggar Kandaga. Tidak hanya gemar menari, rupanya Sule juga berprestasi. Dia sering menjadi juara di seputar Jawa Barat dan Jakarta. Hobi menari ini sempat terhenti saat SMP dan dimulai lagi saat dirinya masuk SMKI.

Dari kecil, Sule sudah terbiasa mencari uang, karena keadaan ekonomi orang tuanya yang pas-pasan. Orang tuanya adalah pedagang bakso di Cimahi, dan pada malam hari Sule harus membantu mereka berjualan jagung rebus keliling kompleks.

Sule sendiri menikah dengan seorang wanita bernama Lina pada 1997, dan hidup dengan pas-pasan. Mereka sempat berdagang ayam goreng dan berjualan kebaya. Karena kesusahannya ini, Sule mencoba-coba peruntungan dengan mengikuti audisi lawak API di TPI.

Dengan kesuksesan yang diraihnya, Sule yang memiliki dua orang anak (Rizki, 12 dan Putri, 8) mampu memiliki lima rumah di Bandung dan Jakarta, dua mobil, serta dua sepeda motor.

Sule pun kini hidup bergelimangan harta. Untuk OVJ, Sule dibayar 4 juta per episode, dengan perhitungan 6 episode setiap minggunya, Sule mengantongi lebih dari 90 juta per bulan. Dengan berbagai job lain yang diterimanya, Sule bisa mengantongi lebih dari 100 juta setiap bulannya.

KARIR

Karir Sule dimulai ketika dirinya dan dua orang temannya, Ogi Suwarna dan Obin Wahyudi mengikuti audisi lawak API (AKADEMI PELAWAK INDONESIA) di TPI.

Setahun kemudian, Sule menjuarai SUPERSTAR SHOW, sebuah acara duet selebriti di Indosiar, yang membuahkannya sebuah mobil sebagai hadiah. Dalam acara ini, Sule berduet dengan Jaja, dengan karakter yang unik, multi talented dan humoris.

Sejak menjadi juara SUPERSTAR, Sule mendapat banyak tawaran untuk tampil di televisi, mulai dari presenter, bintang tamu talkshow, pengisi acara musik, juga komedian/pelawak.

Dari sinilah, Sule membintangi sebuah acara yang sangat tenar di Indonesia, OPERA VAN JAVA. Sule menjadi salah satu pentolan dalam acara komedi ini, yang akhirnya membawanya ke puncak ketenaran.

Sule pun membintangi dan menjadi host banyak acara, seperti OKB, AWAS ADA SULE, dan BIG SHOW.

0 comments:

Terbaru

 
Back to top!